Rohos Mini Drive: Proteksi Flash Disk dengan Password

dari blog ini, katanya, software Rohos Mini Drive bisa dipake untuk bikin partisi di flash disk drive, nyembunyiin trus dibikin password biar orang laen ga bisa buka. trus katanya lagi, kalo mo dipake komputer laen, kita ga perlu install ni software lagi. cukup jalanin file rohos.exe yang udah ada di dalam flash disk. trus masukin password yang udah kita buat sebelumnya. dan masih katanya, algoritma enskripsi password yang dipake yaitu AES 256 bit key (halaaahh.. ini apaan sih? ga ngerti :D)

wedew, yang beginian pasti bikin saya tertarik dong. langsung aja saya download softwarenya. trus ngorbanin flash disk 2GB saya untuk diformat buat uji coba.

dan ternyata, software ini bukannya membuat partisi yang sebenernya di flash disk saya. cuma sebuah partisi bayangan yang tersembunyi. setelah colokin ke port USB, dari Windows Explorer cuma terbaca satu partisi dari flash disk saya. hal yang sama juga muncul ketika saya periksa dari Control Panel -> Administrative Tools -> Computer Management -> Disk Management.

dari total 2GB kapasitas flash disk, Rohos Mini Drive cuma mengambil 500MB untuk dijadiin partisi. trus disitu juga langsung ada aplikasi rohos.exe, gunanya untuk mengakses partisi yang diproteksi. saya ga tau apakah 500mb ini juga berlaku untuk ukuran kapasitas flash disk yang berbeda. tapi katanya, *begh, katanya lagi* untuk versi freeware kapasitas partisi virtual yang dibuat oleh Rohos ini maksimal cuma 1GB. tapi buat saya dah lumayan lah. soalnya kebiasaan cuma nyimpen file-file notepad doang kok.

Step by Step (menurut apa yang dah saya coba)

  • Silahkan download Rohos Mini Drive dulu. jalankan file rohos_mini.exe dan ikuti proses seperti instalasi software pada umumnya. itu loh, yang next, next, next, install dan finish hehehe
  • colokin flash disk ke tempat semestinya di komputer, trus dari Start Menu -> Program -> Rohos, klik Rohos Mini Drive. atau bisa juga klik iconnya yang ada di desktop (itupun kalo pas install tadi pilihan Create Desktop Icon juga ditandai). selanjutnya akan muncul tampilan softwarenya seperti ini :

    lalu klik Setup USB flash drive (yang saya tandai kotak merah).
  • selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut :

    yang kotak merah berisi informasi tentang partisi yang akan di buat.
    trus bikin sendiri password untuk partisi tersebut. ketik dibagian specify password to access disk dan ulangi hal yang sama di Confirm password (bagian kotak kuning).
    selanjutnya klik tombol Create disk.
  • tunggu sebentar. prosesnya memakan waktu beberapa menit. ga tau deh, mungkin tergantung dengan kapasitas dari flash disk.
  • selanjutnya akan muncul pesan sukses. dan tampilan pada saat step pertama tadi akan berubah seperti ini:

    sekarang proses sudah selesai. lihat bagian abu-abu. di situ ada informasi tentang partisi yang baru saja dibuat. trus kalo kamu liat di windows explorer, di situ bertambah satu lagi drive yg kapasitasnya kurang lebih 500MB.
    sekarang saatnya mencoba flash disk kamu di komputer lain. klik dulu link Disconnect yang ada di kotak abu-abu atas. trus cabut flash disk kamu seperti biasa.
  • loh, saya cuma punya satu komputer, gimana mo coba??
    gampang, uninstall aja dulu program Rohos tadi. setelah itu ga perlu restart komputer, langsung aja liat drive flash disk kamu di windows explorer. jalankan aplikasi Rohos mini.exe yang ada disitu.

    masukkan password yang sudah kamu buat tadi. jika benar, sebuah drive akan terlihat lagi di windows explorer. di drive itulah kamu bisa menyimpan file-file penting atau yang menurut kamu tidak untuk di akses oleh orang lain.
    selain itu, di System Tray (pojok kanan bawah layar monitor, deket jam dan tanggal) akan muncul sebuah icon kuning dengan tulisan R berwarna putih.
  • saat kamu sudah selesai, klik kanan icon Rohos di pojok kanan bawah layar monitor, pilih Disconnect. selanjutnya kamu bisa mencabut flash disk seperti biasa.

selamat nyobain aja deh. kalo kamu masih bingung, silahkan langsung kunjungi situs Rohos Mini Drive.

0 comments: